Searching...
Saturday 7 April 2018

Tips Menang Lomba Blog

April 07, 2018

Baca Juga


Sobat BuNgers, kegemaran menulis di blog bisa mengalirkan pundi uang untuk kita. Di antaranya dengan mengikuti lomba-lomba blog yang banyak bertebar di internet. Hadiahnya pun kadang sangat menggiurkan. Dan tidak ada salahnya Sobat BuNgers menjajalnya, siapa tahu beruntung.

Kali ini kita akan menyimak tips dari seorang blogger yang sudah sering menang lomba blog. Dia adalah Triani Retno, yang dalam sebuah kesempatan sharing di komunitas kepenulisan ODOP, membagikan tips-tips lomba blog. "Saya suka ikut lomba nulis, jauh sebelum mulai ngeblog. Bagi saya, ikut lomba nulis itu banyak keuntungannya. Tema sudah ditentukan, hasilnya cepat ketahuan, dan kalau menang, dapat hadiahnya pun cepat," begitu kata muslimah pemilik blog www.trianiretno.com ini.

Saking banyaknya lomba blog yang bertebaran di internet, perempuan yang biasa dipanggil Eno ini memilah dan memilihnya dengan menerapkan 5W+1H (What, Where, When, Who, Why, How). "Temanya apa? Hadiahnya apa? Lombanya di mana? Karena ada, lho, yang lombanya on the spot pada sebuah acara. Terus, deadline-nya kapan? Siapa penyelenggaranya? Mengapa ingin ikut? Dan, bagaimana mengikutinya? Selengkapnya klik tautan ini."

Ibu dua anak yang sudah menerbitkan 48 buku ini lalu berbagi tips agar bisa menang dalam lomba blog, "Perhatikan tema, baca persyaratannya dengan cermat, lakukan riset, observasi, dan wawancara. Gunakan data yang benar-benar akurat, apalagi yang berkaitan dengan angka-angka, jika ada kesalahan maka akan fatal akibatnya. Cari sudut penceritaan yang pas, gunakan bahasa yang baik dan benar, jauhi bahasa alay. Lengkapi foto-foto sesuai tema, dan yang penting jangan lewati batas deadline pengumpulan tulisannya."

Blogger penyayang kucing ini juga menganjurkan membaca tulisan-tulisan peserta lain jika kesulitan dalam menulis sesuai ketentuan dan tema. "Tapi jangan keasyikan jalan-jalan ke blog peserta menjadikan kita lupa menulis," katanya bercanda. Eno juga mengingatkan agar jangan sekali-kali melakukan plagiat karya orang lain.

"Oh, ya, selain kesesuaian tulisan dengan tema atau pun kata kunci yang disyaratkan, ada beberapa hal yang sering jadi nilai tambah, salah satunya interaksi dengan pembaca blog. Selain itu juga foto, video, atau infografis yang mendukung," katanya.

Saat ditanya haruskah blog menggunakan domain berbayar (TLD), blogger yang juga berprofesi sebagai penulis dan editor ini menjawab, "Lihat persyaratan yang ditulis panitia, kalau boleh domain gratisan tidak masalah. Saya tahun 2014 pertama kali menang lomba blog, juara favorit, masih pakai blog gratisan."

Sebagai penutup Triani Retno mempersilakan berkunjung ke salah satu blognya yang biasa diisi tentang info lomba blog, yakni www.adaresensi.com.

Bagaiman Sobat BuNgers? Berminat ikut lomba blog? Yuk, tidak ada salahnya mencoba untuk mengasah kemampuan menulis.

5 komentar:

  1. Wuah... di-share di sini kelas semalam.
    Keren. Terbaik 👍👏

    ReplyDelete
  2. Sesekali harus dicoba untuk mengukur kemampuan kita, terima kasih tips nya

    ReplyDelete