Searching...
Tuesday 10 April 2018

Tambahkan Deskripsi Grup dengan WhatsApp Terbaru

April 10, 2018

Baca Juga


Sobat BuNgers pasti pengguna WhatsApp. Aplikasi pesan instan ini memang masih terpopuler, mengalahkan BBM yang dulu sempat menjadi raja.

WhatsApp seolah menjadi kebutuhan pokok dalam berkomunikasi di era sekarang ini. Setiap pengguna perangkat Android bisa dipastikan memanfaatkan aplikasi besutan Jan Koum dan Brian Acton ini.

Grup di dalam aplikasi WhatsApp adalah sebuah layanan untuk mengumpulkan anggota baik itu untuk keperluan bisnis, informasi keluarga besar, perusahaan, bahkan alumni sekolah dan sebagainya. Sehingga wajar sekali dalam satu akun WhatsApp, Sobat BuNgers tergabung dalam banyak grup sesuai kebutuhan.

Barangkali menyadari pentingnya identitas sebuah grup, WhatsApp terbaru yang sudah tersedia di Play Store, yakni versi 2.18.54, sudah menambahkan sebuah fitur yang sangat bermanfaat, yakni pengguna bisa menambahkan deskripsi pada grup yang diikutinya.

Fitur baru ini bisa dilakukan oleh anggota grup meski bukan admin. Jadi, seluruh anggota grup bisa menulis atau mengedit informasi deskripsi grup tanpa ada perizinan khusus. Adapun caranya adalah dengan menyentuh subjek atau nama grup di bar atas. Di bawah nama grup akan muncul opsi Tambahkan deskripsi grup yang bisa diisi. Batasan deskripsi yang diperkenankan adalah maksimal 512 karakter.




Setelah diisi dan disimpan, maka di grup tersebut akan muncul pop-up berwarna biru di jendela percakapan yang menginformasikan bahwa salah satu anggota grup telah mengubah deskripsi grup. Jika pop-up diketuk, maka anggota akan diarahkan untuk melihat deskripsi yang diubah tersebut.

Nah, deskripsi ini akan disematkan di jendela percakapan, sehingga setiap ada anggota baru yang diundang maka bisa membaca informasinya. Tentu hal ini sangat bermanfaat agar tidak salah memahami untuk apa grup tersebut dibuat.

Selamat memperbarui versi WhatsApp dan menikmati fitur-fiturnya yang semakin kekinian. Semoga bermanfaat.



6 komentar:

  1. Wah, harus update wa lagi donk Mas Bunga? :D memory udah nggk cukup nih. gmna sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uninstal dululah, baru pasang lagi. Atau mau ganti hpnya lagi? x-)

      Delete
  2. Saya malah heran lho Mas Suden, kok semua anggota grup boleh membuat deskripsi pun mengubah ikon ya?
    Kadang ada yang suka usil soalnya 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak apa2, biar yang suka usil kebagian kesempatan ngusil dan ngupil, #eh

      Delete