Searching...
Wednesday 11 April 2018

Penguasa Pasar Smartphone Indonesia 2017

April 11, 2018

Baca Juga


Sobat BuNgers, perkembangan dunia telekomunikasi di dunia sangat pesat. Begitu juga di negeri kita tercinta ini. Pengguna smartphone terutama yang sudah menggunakan jaringan 4G LTE pun meningkat dengan cepatnya. Berbagai promosi gencar dilakukan demi saling berebut pasar yang sangat menjanjikan ini.

Vendor-vendor bersaing menyajikan smartphone dengan fitur-fitur berkelas. Persaingan harga pun kiat ketat. Sebagai konsumen, Sobat BuNgers bisa memanfaatkan persaingan para produsen smartphone untuk mendapatkan produk yang benar-benar berkualitas dengan harga yang tidak mencekik.

Pernahkah Sobat BuNgers merasa penasaran, vendor manakah yang benar-benar menguasai pasar, khususnya di Indonesia? Apakah smartphone yang Sobat BuNgers pakai sekarang adalah dari produk terlaris atai sebaliknya?

Kali ini, kita akan mencoba iseng untuk melihat data tersebut. Secara global, menurut periset pasar Counterpoint Research, distribusi smartphone 2017 naik tipis jika dibanding tahun lalu. Penurunan 5 persen justru terjadi pada kuartal akhir 2017. Menurut International Data Corporation (IDC) pertumbuhan smartphone pada 2017 hanya naik 1 persen saja.

IDC merilis data vendor yang menjadi raja di pasar smartphone nasional pada tahun 2017. Siapa saja mereka? Inilah dia:



1. Samsung (31.8%), naik dibanding 2016 yang hanya mendapatkan pasar 28.8%.
2. Oppo (22,9%) naik juga dari 16.6%.
3. Advan (7.7%) dari sebelumnya 6.8%.
4. Asus (6.5%) turun dari sebelumnya 6.8%
5. Vivo(6%) mendepak posisi yang sebelumnya diduduki Lenovo dengan penguasaan 5.6%..
6. Vendor lain (25.1%).

Demikianlah prosentase penguasaan pasar yang ternyata masih dipimpin oleh Samsung. Apakah tahun 2018 akan ada perubahan yang signifikan? Kita tunggu saja, ya.


4 komentar:

  1. Kalo risetnya di kalangan temen2 saya, pasti xiomay juaranya 😂

    ReplyDelete
  2. Ternyata samsung masih teratas ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ternyata. Padahal seangkatan Nokia dulu.

      Delete