Searching...
Sunday 15 April 2018

Bikin Aplikasi Lansia, Firman Maju ICYS di Serbia

April 15, 2018

Baca Juga


Sobat BuNgers, yuk kita kenalan dengan remaja belia bertalenta dari Surabaya bernama Firman Fathoni. Pelajar kelas VIII C di SMPN 1 Surabaya ini adalah jago di dunia programming. Rencananya 19-25 April ini, dia mewakili Indonesia pada ajang International Conference of Young Scientists (ICYS) di Serbia.

Pelajar kelahiran 6 September 2003 ini adalah pencipta aplikasi Remember Me, yakni sebuah aplikasi smartphone yang bertujuan memberi pengingat bagi lansia yang sudah pikun agar bisa mengenali keluarganya sendiri.

"Saya bikin aplikasi ini karena setiap kali pulang lebaran, nenek lupa nama saya dan berulang kali bertanya," kenang Firman.

Aplikasi ini teregistrasi dengan bluetooth, yang akan memberi notifikasi saat ada anggota keluarga yang datang. Notifikasi ini muncul saat jarak lansia dan anggota keluarga berada dalam jarak dua meter.

"Muncul notifikasi, ada foto dan tulisan siapa yang datang. Datanya bisa ditambahkan sendiri oleh keluarga sebelumnya," jelas Firman.

Aplikasi Remember Me juga memuat games yang berisi teka-teki disertai foto tentang anggota keluarga untuk membantu menjaga ingatan. Juga pengingat kapan waktunya makan, minum obat, hingga beribadah shalat.

"Selain fitur tersebut, aplikasi ini juga bisa menunjukkan arah pulang ke rumah kalau misal si lansia pergi ke luar rumah," tambahnya.

Remember Me ini berhasil meraih juara 3 pada Lomba Peneliti Belia (LPB) di Surabaya tahun 2017. Lalu maju tingkat nasional dan berhasil juga juara 3. Itulah yang akhirnya membawa Firman untuk menjadi wakil Indonesia di tingkat internasional.

Semoga sukses, ya, Firman Fathoni. Harumkan nama bangsa di kancah internasional. Semangat!

Sumber: detik.com

0 komentar:

Post a Comment