Searching...
Monday 16 April 2018

Apa Sih Keunggulan Oreo? (Bag. 1)

April 16, 2018

Baca Juga


Sobat BuNgers, akhirnya Google secara resmi sudah mengumumkan bahwa Oreo adalah nama terpilih untuk sistem operasi Android 8.0. Nama Oreo diumumkan tepat pada momen Gerhana Matahari Total pada 21 Agustus 2017 lalu. Pembaruan sistem operasi tentu membawa hal yang berbeda dan lebih baik daripada sistem operasi Android sebelumnya, yakni Nougat. Pembaruan apa saja yang diusung oleh Oreo?

Tampilan


Jika Sobat BuNgers jeli, maka akan dapat melihat perubahan tampilan layar pada Oreo dibanding Android sebelumnya. Memang sih, perubahan tampilan tidak terlalu jelas, hanya kesan lebih segar saja yang mungkin bisa dirasakan. Beberapa perubahan itu bisa dilihat pada Home Screen, Notifikasi, App Drawer, Menu Setting, Menu Storage, dan Menu Battery.

Fitur Autofill

Fitur baru yang dibawa Oreo adalah Autofill. Fitur ini berfungsi menyimpan data form yang diisi, seperti username, password, alamat, dan sebagainya. Ketika kita mendapati form isian yang sama, maka sistem akan menampilkan secara otomatis isian form yang pernah ditulis, sehingga Sobat BuNgers tidak perlu mengulangi menulisnya.



Sebenarnya, fitur ini sudah sering kita gunakan terutama saat mengisi form pada web browser Chrome, dan ini adalah keberhasilan Google mengimplementasikannya pada aplikasi berbasis Android. Fitur ini bisa diaktifkan pada menu setting > system > languages & input > advanced > input assistance > autofill service.

Pembaruan Kinerja Seleksi Teks

Pada Oreo, Google memperbarui kemampuan kinerja Text Selection. Ketika Sobat BuNgers memilih text dengan format alamat maka fitur Text Selection akan memberikan opsi untuk membukanya di Google Map. Juga misalnya ketika memilih karakter berupa nomor telepon, maka opsi khusus langsung menunjuk ke pilihan menelepon. Hal ini lebih pintar dari Android sebelumnya.



Nah, apakah Sobat BuNgers sudah merasakan perubahan itu? Masih ada beberapa pembaruan Oreo yang bisa kita bahas pada postingan selanjutnya. Tunggu ya, besok. Terima kasih.


7 komentar: