Searching...
Tuesday 13 March 2018

Cara Cek Keamanan NIK dan KK Registrasi Prabayar

March 13, 2018

Baca Juga



Kewajiban mendaftar ulang kartu selular prabayar sesuai Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) No 14 Tahun 2017 diwarnai banyak kekhawatiran para pelanggan. Di antaranya adalah kekhawatiran jika data NIK dan KK yang digunakan untuk registrasi akan disalahgunakan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab. Hal ini memicu nekatnya sebagian pelanggan untuk bertahan tidak melakukan registrasi.

Kenekatan pelanggan prabayar itu juga adanya beredar laporan masyarakat terkait pendaftaran sejumlah nomor dengan satu NIK. Terkait hal ini, Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo Noor Iza melakukan pendalaman dan ditemukan penyalahgunaan penggunaan NIK dan KK. "Yang terjadi saat ini dan menjadi berita adalah penyalahgunaan NIK dan KK yang digunakan registrasi secara tanpa hak dan bukan terjadi kebocoran data," ucapnya.

Kemenkominfo mengimbau kepada pelanggan selular agar berhati-hati dan selalu menjaga identitas individu NIK dan KK dengan tidak memberitahukan kepada orang lain agar tidak disalahgunakan. Noor Iza menegaskan bahwa penyalahgunaan identitas kependudukan dalam registrasi merupakan pelanggaran hukum.

Sahabat pecinta gawai, agar kita bisa memastikan keamanan data pribadi kita, ada baiknya kita segera mengecek ke operator, berapa banyak nomor prabayar yang registrasi menggunakan data NIK dan KK kita. Jika nomor terdaftar dari NIK dan KK sahabat pecinta gawai sesuai yang pernah didaftarkan, berarti data aman dan tidak disalahgunakan orang lain. Tapi jika ada nomor asing yang menggunakan data kita, maka sahabat pecinta gawai harus lekas melapor ke operator untuk melakukan pemblokiran. Langkah ini sesuai Peraturan Menkominfo No. 12 tahun 2016 pasal 11 ayat 3.

Lalu, bagaimana sahabat pecinta gawai bisa mengeceknya? Sangat mudah, siapkan nomor KK dan NIK untuk mengecek data kita.

Pelanggan Telkomsel bisa mengakses: https://telkomsel.com/cek-prepaid atau panggil *444#. Sementara pelanggan Indosat Ooredoo ketik pesan SMS dengan format INFO#NIK kirim ke 4444 atau akses ke https://myim3.indosatooredoo.com/ceknomor/index. Untuk operator XL Axiata bisa dengan menekan *123*4444# . Lalu pelanggan Tri Indonesia bisa akses ke https://registrasi.tri.co.id/ceknomor, dan pengguna Smarfren akses ke https://my.smartfren.com/check_nik.php.

Pastikan data pribadi kita aman, dan sukseskan program pemerintah demi kebaikan dan keamanan bersama. Semoga bermanfaat.

4 komentar: