Searching...
Monday 29 June 2020

Bank BRI Rintis Web Pasar

June 29, 2020

Baca Juga


Sejak pandemi Covid-19 mewabah, seluruh lapisan masyarakat mengalami dampaknya yang luar biasa. Terutama pada sektor ekonomi, sangat terasa sekali. Pengusaha besar maupun pemilik UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) harus berjibaku agar bisa bertahan di tengah sepinya geliat pasar.

Memasuki kenormalan baru, Bank BRI merilis Web Pasar, sebuah sarana jual-beli secara daring, digitalisasi transaksi di pasar-pasar tradisional. Pemerintah sangat menyambut baik Web Pasar yang diinisiasi BRI ini, terlebih momentum sekarang ini sangat tepat untuk percepatan UMKM memasarkan produknya melalui digital.

Web Pasar memungkinkan konsumen belanja secara virtual tanpa harus bertemu langsung di lokasi pasar. Transaksi bisa dilakukan dari rumah dengan mengakses Web Pasar, yang terhubung ke pedagang. Untuk pembayaran menggunakan transfer Bank BRI.

Sobat BuNgers bisa mencoba belanja di Web Pasar untuk pasar terdekat. Semisal untuk daerah Sukoharjo, Jawa Tengah, akses ke Web Pasar bisa klik alamat web https://s.id/sukoharjomakmur. Halaman awal yang menyambut adalah tulisan "Selamat datang di website Pasar se-Kabupaten Sukoharjo" dan anjuran untuk menggunakan aplikasi BRI Mobile agar mempermudah transaksi pembayaran di aplikasi Web Pasar.

Untuk Web Pasar Sukoharjo meliputi Pasar Grogol, Pasar Kedunggudel, Pasar Telukan, Pasar Mulur, Pasar Godog, Pasar Kepuh, Komunitas Pedagang Tiyaran, Pasar Glondongan, Pasar Tawangsari, Pasar Gentan, Pasar Ir Soekarno, Pasar Cuplik, Pasar Tawangkuno Weru, Pasar Carikan, Pasar Watukelir, Pasar Bulu Sukoharjo, dan Pasar Nguter. Sobat BuNgers diarahkan memilih pasar yang diinginkan, atau yang terdekat dari rumah.

Selanjutnya akan muncul opsi kategori belanjaan seperti Sembako, Sayur, Ayam & Daging Sapi, Buah, Pakaian, dan sebagainya. Tergantung layanan yang ada di pasar tradisional tersebut. Setelah memilih kategori akan muncul nama toko yang diinginkan beserta nomor WhatsApp yang terhubung ke pedagangnya langsung. Di aplikasi perpesanan itulah transaksi akan berlanjut.


Jadi secara umum, proses belanjanya sebagai berikut:

1. Buka Web Pasar
2. Pilih Merchant sesuai kategori
3. Klik link WA di tiap merchant, Kamu akan langsung terhubung ke HP penjual
4. Lakukan pemesanan melalui WhatsApp
5. Transfer ke rekening BRI penjual
6. Kirimkan bukti transfer ke nomor WhatsApp penjual
7. Pesanan kamu akan diantar oleh kurir
8. Pesanan kamu tiba di depan pintu

Bank BRI sudah merintis Web Pasar yang bisa jadi cikal bakal jual beli secara digital bagi pasar tradisional. Bisa jadi program ini masih banyak kekurangan, harapannya ke depan semakin banyak perbaikan yang dilakukan dengan pendampingan dari pihak BRI. Sampai saat ini, BRI bersama pengelola pasar telah merilis 3.232 Web Pasar secara nasional. Sebuah bentuk keseriusan yang layak didukung bersama.

5 komentar:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Belum denger ini di pasar-pasar Malang. Keren yaa Sukoharjo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini ada seluruh Indonesia kak... Cuma alamat webnya mungkin blm tersosialisasikan dengan baik.

      Delete
  3. Wah harus punya BRI Mobile, wajib nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mempermudah kalau mau menggunakan Web Pasar, dianjurkan pakai BRI Mobile... Begitu katanya.

      Delete