Searching...
Sunday 28 June 2020

Baca Epaper KR Jogja Gratis

June 28, 2020

Baca Juga


Sobat BuNgers, pada masa pandemi Covid-19 seperti ini, meski sudah masuk masa kenormalan baru, tidak berarti kita sudah bebas ke mana saja tanpa rasa was-was. Aktivitas membaca adalah salah satu kegiatan positif yang bisa kita lakukan di rumah. Selain membaca buku fisik, kita pun bisa membaca buku dalam format ebook alias buku digital. Untuk membaca berita di koran pun kita bisa menikmati di gawai atau komputer dengan mengakses versi epaper-nya.

Kali ini, Sobat BuNgers kita ajak menikmati surat kabar dari Yogyakarta, yakni Kedaulatan Rakyat atau yang sering disebut dengan KR Jogja. Surat kabar yang didirikan oleh HM. Samawi dan M. Wonohito serta diteruskan oleh Soemadi Martono Wonohito ini adalah media massa tertua di Indonesia yang masih hidup. KR mulai terbit sejak 27 September 1945 atau 40 hari setelah Indonesia merdeka.

Nah, yang menarik, edisi epaper yang disediakan oleh KR bisa diakses siapa saja dengan cuma-cuma. Gratis sepenuhnya! Sobat BuNgers hanya diminta melakukan registrasi dengan email dan bisa membaca sajian koran tersebut, bahkan sampai ke arsip-arsip edisi lawasnya sekalipun.

Langsung saja Sobat BuNgers buka lamannya di http://epaper.krjogja.com/ , maka akan tampil halaman awalnya seperti ini:


Kalau Sobat BuNgers belum pernah daftar maka bisa langsung klik tombol Daftar Sekarang, Gratis. Akan muncul formulir ringkas yang harus Sobat BuNgers isi, berupa alamat email, username dan password yang diinginkan.

Setelah semua kolom terisi, klik tombol Register. Maka Sobat BuNgers akan langsung bisa mengakses versi digital KR. Masuklah dengan akun yang sudah dibuat tersebut.

Akan tampil edisi terbaru dari koran kebanggaan warga Yogyakarta ini. Tampilannya seperti ini:



Untuk membaca halaman-halaman selanjutnya tinggal pilih opsinya di sebelah kanan atas web.





Sangat mudah dan nyaman untuk dibaca. Ada tombol zoom kalau ingin memperbesar tulisannya. Atau kalau mau mengunduhnya tinggal klik tombol Download di sebelah atas. File PDF akan Sobat BuNgers dapatkan, juga secara cuma-cuma. Sayangnya, tidak ada opsi mengunduh langsung seluruh halaman dalam satu edisi. Hanya bisa mengunduh tiap halaman yang tampil. Tapi tak mengapa, kan?

Kalau Sobat BuNgers penasaran membaca edisi-edisi sebelumnya, tinggal klik tanggal yang diinginkan pada kalender di kiri bawah web KR ini. Tampilannya seperti ini:

Menyenangkan, bukan? Seluruh sajian surat kabar tersaji tanpa perlu membayar sepeser pun. Hanya bermodal kuota atau paketan internet. Epaper ini juga bisa diakses melalui gawai Sobat BuNgers. Hanya saja tidak ada tampilan review, melainkan langsung mengunduh versi PDF dari halaman yang dibuka.

Semoga bermanfaat ya. Dan semoga juga KR Jogja senantiasa berjaya, tak lekang oleh zaman. Tetap mampu bertahan di tengah keterpurukan dunia perkoranan dunia. Sukses selalu buat KR dan seluruh jajaran pengurusnya.





4 komentar:

  1. Aku belum nyoba yang ini. Baru nyoba yang archive book reader karena pusda tutup ^^ thanks, pak

    ReplyDelete
  2. Saya belum pernah mencoba membuka epapernya KR. Yang pernah SM. Makasih infonya mas

    ReplyDelete