Searching...
Monday 7 May 2018

Ganti Font Xiaomi Tanpa Root dan Aplikasi

May 07, 2018

Baca Juga




Apakah di antara Sobat BuNgers ada yang menggunakan smartphone Xiaomi? Atau jangan-jangan malah termasuk Mi Fans nih? Kali ini BuNga21 mengulas tips dan trik mengubah font atau jenis huruf di smartphone kesayangan Sobat BuNgers.

Seringkali pengguna smartphone merasa jenuh dengan font bawaan pabrik. Tak ayal banyak yang ingin memakai font lain agar tampilan layar tidak monoton. Beruntung banyak aplikasi penginstal font bisa diunduh dari Play Store, meski kebanyakan bisa digunakan kalau smartphone sudah di-root.

Pengguna Xiaomi juga bisa mengubah font biar lebih keren. Bahkan, tidak perlu menginstal aplikasi apapun. Cukup sedikit melakukan pengaturan, maka bermacam pilihan font bisa diunduh dan langsung diterapkan. Asik sekali, kan?

Baiklah, langsung saja yuk, kita praktikkan caranya. BuNga21 sudah mencobanya di Xiaomi Redmi 5A dan sukses. Saatnya Sobat BuNgers juga menjajalnya. Sekadar informasi, trik ini bisa digunakan pada Xiaomi dengan sistem operasi MIUI 7, MIUI 8, dan MIUI 9.

Langsung saja Sobat BuNgers buka menu pengaturan, pilih Setelan Tambahan, lalu pilih Lokasi. Di situ ada negara-negara yang bisa dipilih. Ganti Indonesia dengan negara lain, yakni India. Mengapa India? Ceritanya, fitur ganti font tanpa aplikasi lain dan tanpa root ini memang disediakan pihak Xiaomi, tapi belum tersedia di Indonesia. Jadi kita pura-pura berlokasi di India.


Setelah menyetel lokasi ke India, kita lanjut membuka menu pengaturan lagi dan memilih masuk Aplikasi Terinstal. Carilah aplikasi bawaan Xiaomi yaitu Tema. Lakukan Hapus Data pada aplikasi Tema tersebut. Tenang, Hapus Data bukan menghapus aplikasi Tema tersebut, melainkan hanya menghapus riwayat datanya saja. Bisa, kan?


Nah, sekarang silakan Sobat BuNgers membuka aplikasi Tema. Sebelum kita ‘pindah’ ke India, pada aplikasi Tema belum ada pilihan Font, lihatlah sekarang sudah ada. Klik saja Font dan pilih sesuka Sobat BuNgers.

Aplikasi Tema bawaan sebelum menggunakan trik.

Aplikasi Tema setelah disetting, muncul ikon untuk ganti font
Setelah memutuskan mana font yang disukai, tap Download, setelah terunduh terapkan dengan tap Apply. Smartphone Xiaomi akan minta direstart. Ok, turutilah. Setelah restart kelar, maka tampilan huruf pada layar Xiaomi kesayangan Sobat BuNgers pasti sudah berubah sesuai font yang tadi diunduh. Cakep, kan?


Nah, itulah cara mengganti font Xiaomi yang bisa Sobat BuNgers coba. Semoga bermanfaat, ya ….


6 komentar:

  1. Lah kok harus hapus theme? Saya bukan pengguna xiaoMi, tapi Anak dan misua pakai. Kayaknya nggak pernah utak atik font. Tapi kalau gonta ganti wallpaper sering. Bagus-bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang, Hapus Data bukan menghapus aplikasi Tema tersebut, melainkan hanya menghapus riwayat datanya saja.

      Delete
  2. Yah... xiaominya mau dijual
    ;(

    ReplyDelete
  3. ihh xiaomi iput aneh huhu.

    masa app temanya nggak ada cobaaa. yaaAllah ;((

    ReplyDelete
  4. Beli lagilah. Usahlah bersedih. :>)

    ReplyDelete