Searching...
Saturday 21 April 2018

Versi Android Terpopuler

April 21, 2018

Baca Juga


Sebagaimana Sobat BuNgers ketahui, sistem operasi Android berkembang dengan cepat, pembaruan demi pembaruan dilakukan Google untuk menjawab kebutuhan penggunanya. Uniknya, nama tiap versi menggunakan nama makanan dan urut sesuai abjad. Untuk saat ini sudah sampai huruf O, yang mana Google memilih nama Oreo sebagai identitasnya.

Nah, baru-baru ini Google merilis data jumlah distribusi Android menurut versinya, sampai pada periode bulan April 2018. Versi manakah kiranya yang terpopuler, yang mendominasi di pasar?

Coba perhatikan tabel berikut ini:


Terlihat jelas, bahwa OS Android versi 7 atau Nougat sebagai sistem operasi paling banyak digunakan. Angka 23 persen dari versi 7.0 dan 7,8 persen dari versi 7.1. Total distribusi Android Nougat adalah 30,8 persen. Apakah Sobat BuNgers salah satu pemakainya?

Sementara pertumbuhan pengguna yang cukup lamban dialami versi terbaru, Android Oreo. Android versi 8.0 ini sudah diluncurkan sekitar delapan bulan lalu, tapi baru terdistribusi ke pengguna 4,6 persen. Meski demikian, Google meyakini pertumbuhan Oreo akan terus berkembang lebih cepat dari varian lainnya. Hal ini karena didukung peningkatan-peningkatan Oreo daripada versi sebelumnya, baik pembaruan minor maupun mayor.


Data juga menunjukkan distribusi versi sebelumnya, Android Marshmallow 26 persen, sedangkan Lollipop sekitar 22,9 persen.

Sementara itu, Android versi lawas masih cukup banyak beredar. Dari data di atas bisa dilihat, Jelly Bean memiliki distribusi 4,5 persen, ICS (Ice Cream Sandwich) 0,4 persen, dan Gingerbread 0,3 persen.

Google merilis data ini bertujuan untuk membantu para pengembang aplikasi memutuskan versi Android yang bisa dijadikan patokan. Sebagai pengguna, Sobat BuNgers tentu ingin smartphone yang dipakai tampil dengan prima dan memanjakan.

0 komentar:

Post a Comment