Searching...
Thursday 19 April 2018

Facebook Diblokir 24 April?

April 19, 2018

Baca Juga


Sobat BuNgers, raksasa media sosial Facebook memang tengah menghadapi masa-masa sulit. Semua berawal dari terungkapnya kebocoran data pengguna dalam skandal Cambridge Analytica. Tidak dinyana ternyata ada satu juta pengguna Indonesia masuk dalam daftar akun yang datanya bocor itu. Sontak wacana pemblokiran Facebook mencuat.

Sebuah informasi beredar bagai bola liar, menyatakan bahwa pada tanggal 24 April 2018 adalah hari pemblokiran Facebook di Indonesia. Kabar itu viral dan beredar luas khususnya di beranda Facebook sendiri. Apakah informasi tersebut akurat?

Pemerintah memang bisa saja mengambil tindakan tegas pemblokiran media sosial satu ini karena kasus yang menimpanya. Tetapi tidak ada kepastian bahwa 24 April adalah waktunya. Menkominfo dalam berbagai kesempatan belum sekali pun mengatakan akan melakukan pemblokiran. Melainkan hanya mengatakan bahwa Kemeterian Kominfo tidak segan memblokir Facebook, tapi tetap harus sesuai prosedur agar langkahnya tidak gegabah.

Satu-satunya pernyataan dari Kominfo hanya menegaskan bahwa jika ditemukan bukti bahwa Facebook dipakai sebagai sarana menghasut, maka akan diblokir. Juga memastikan jika penyidik menemukan unsur dugaan pidana dalam kebocoran data pengguna di Indonesia, maka peluang pemblokiran makin besar. Dan itu masih menunggu hasil audit.

Jadi kini Sobat BuNgers bisa menyimpulkan sendiri, bukan? Bahwa tanggal 24 April sebagai hari pemblokiran Facebook di Indonesia adalah kabar palsu atau hoax belaka.

2 komentar:

  1. Foto profil hilang dengan sendirinya. Apakah Anda juga demikian?

    ReplyDelete
  2. Kebocoran data itu contoh imbasnya ke mana ya Mas Bunga?

    ReplyDelete