Searching...
Wednesday 4 April 2018

Dapat Rupiah dari Blog, Mau?

April 04, 2018

Baca Juga


Sobat BuNgers suka menulis dan nge-blog? Sudah tahu, kan, bahwa blog selain sebagai tempat menyalurkan kegemaran menulis, ternyata juga bisa mengalirkan pundi-pundi rezeki?

Di sebuah grup WhatsApp, yakni Kelas Nonfiksi komunitas ODOP (One Day One Post), tepatnya malam tadi, Selasa, 3 April 2018, dimulai pukul 20:00 WIB, peserta kelas mengikuti sharing yang disampaikan seorang blogger yakni Anis Khoir.

Dalam kesempatan itu, Anis Khoir menyampaikan bahwa banyak pundi rupiah bisa didapatkan dari aktivitas nge-blog. Blog sendiri ada yang gratis seperti layanan dari Blogspot atau Wordpress, semua orang bisa mendaftar di sana dan memiliki blog pribadi sendiri. Selain itu ada juga domain berbayar yang bisa digunakan agar lebih profesional dengan akhiran .com, .net, dan sebagainya. Untuk content placement atau job review biasanya blog dengan domain berbayar atau TLD (top level domain) lebih diutamakan.

"Untuk dapat penghasilan di blog, ada banyak cara. Kalau mengandalkan iklan bisa daftar Adsense, Chitika, Adbrite dan sebagainya. Sementara untuk affiliasi bisa daftar Amazon atau Lazada yang menyediakan kerja sama. Atau bisa dengan mereview suatu produk (job review) dan kita dibayar melalui review tersebut," jelas muslimah pemilik blog www.aniskhoir.com itu. "Selain itu juga bisa dengan mengikuti banyak lomba blog yang beredar di internet, yang hadiahnya kadang wow sekali. Astra contohnya, hadiahnya mobil!"

Salah satu penyedia iklan blog terbaik adalah Google Adsense. Agak misteri sebenarnya, bagaimana bisa diterima di sana. "Saya kemarin blog dilengkapi TOS, disclaimer, navigasi blog, tulisan postingan lebih dari 1000 kata, akhirnya menunggu 2 hari diterima Adsense," katanya menambahkan, "Satu lagi, gunakan template blog yang mobile friendly atau responsif."

Untuk memaksimalkan penghasilan dari Adsense maka blog harus satu niche/tema. Riset keyword mana nilai cpc yang besar dan juga memaksimalkan jumlah pengunjung.

Jika domain kita sudah TLD alangkah baiknya ikut job review. "Seringlah ikut grup-grup job untuk blogger, seperti di Facebook," saran Anis. "Job untuk blogger biasanya berupa review produk atau content placement, yaitu artikel dari pemberi job dan kita tinggal taruh di blog saja."

Anis Khoir juga mengenalkan untuk mencoba daftar akun di Ibblogmarket, Sociabuzz dan Valuklik. "Di Ibblogmarket, kita daftar, saat ada job nanti dikirimi email. Untuk Sociabuzz selain daftar juga buat proposal apa yang dapat kita lakukan terhadap job tersebut. Sociabuzz lebih susah tapi fee lebih besar dari Ibblogmarket. Saya pernah dapat 300 ribu dan produknya."

Bagaimana, Sobat BuNgers? Berminat optimasi blog hingga menghasilkan rupiah? Yuk, kita coba mulai sekarang. Semangat!

6 komentar:

  1. Masih belajar google adsense mas.
    Semoga bisa ya.
    Semangat mencoba nih ^_^

    ReplyDelete
  2. Wah bisa bgtu ya ...
    Ya ya ya perlu di coba

    ReplyDelete
  3. Wah bisa bgtu ya ...
    Ya ya ya perlu di coba

    ReplyDelete
  4. Wah bisa bgtu ya ...
    Ya ya ya perlu di coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari pada blog dianggurin ya Mbak Dian.

      Delete