Searching...
Sunday 1 April 2018

Dana, Dompet Digital Ala BBM

April 01, 2018

Baca Juga


Persaingan ketat pada aplikasi perpesanan yang kian sengit, rupanya tidak menyurut langkah BlackBerry Messenger (BBM). Kali ini, BBM mencoba peruntungan dengan menawarkan Dana, sebuah layanan pembayaran digital, yang hadir pada menu Discover BBM.

Sobat BuNgers yang masih mengunakan BBM dalam kehidupan bersosial sehari-hari, pasti sudah ditawari untuk mencoba Dana pada aplikasi BBM yang dipakai. Kalau sudah, yuk berbagi pengalamannya. Jika belum, marilah kita berkenalan dulu dengan Dana.

Dana, platform pembayaran hasil joint venture Emtek dan Ant Financial (Alipay) yang bisa digunakan untuk pembelian pulsa seluler, token listrik, pembayaran tagihan-tagihan, BPJS, dan cicilan sejumlah layanan multifinance. Dana yang hadir versi Beta di BBM Android dan iOS sudah bisa dijajal pengguna.




Fitur Dana ini bisa Sobat BuNgers coba dengan terlebih dahulu mengaktifkan akun Dana di BBM. Aktivasi menggunakan nomor seluler sebagai ID Dana. Cukup mudah mendaftarnya langsung. Setelah aktif, Sobat BuNgers diminta membuat PIN Dana berupa 6 digit angka yang nanti berfungsi saat melakukan pembayaran.

Saat ini, saldo Dana bisa diisi melalui layanan transfer bank atau pembayaran tunai di gerai Alfamart. Setelah saldo terisi, Sobat BuNgers bisa mencoba isi pulsa atau membayar tagihan-tagihan dan cicilan tanpa perlu keluar rumah. Semua ada di genggaman. Pada Dana versi Beta ini belum ada layanan tarik saldo (withrawal), tapi BBM menjanjikan pada perkembangan selanjutnya akan tersedia fasilitas tersebut.

"Dana merupakan platform pembayaran asli karya anak bangsa," kata Vincent Iswara, CEO Dana, saat memperkenalkan Dana pada Rabu, 21 Maret 2018 lalu. "Dana mengutamakan teknologi terdepan, pintar, dan aman," tambahnya.

Salah satu contoh keamanan yang Vincent kemukakan adalah Dana bisa melakukan analisis kebiasaan pengguna, ketika ada keganjilan yang berbeda dari kebiasaan pengguna, maka Dana akan mengirim form password untuk memastikan apakah transaksi yang dilakukan benar-benar dari pemilik akun. Misalnya, Sobat BuNgers biasa isi pulsa sebulan 50 ribu dua kali, maka saat ada order pulsa 50 ribu ketiga maka sistem Dana akan mengkonfirmasi apakah itu benar-benar Sobat BuNgers yang melakukan atau bukan.

"Selain itu, data center dan data recovery center Dana ada di Indonesia. Kami juga sudah mendapat sertifikasi tertinggi dalam dunia financial terkait penggunaan layanan digital," tambahnya.

Mengingat pengawasan Bank Indonesia pada platform pembayaran digital yang ketat, Dana diekspektasikan memanfaatkan lisensi e-money PT Espay Debit Indonesia Koe (Espay) yang sudah diakuisisi awal tahun ini oleh Emtek sebagai pengembang Dana.

Apakah tertarik mencoba Dana? Silakan buka menu Discover BBM Sobat BuNgers untuk menjajalnya. BBM menjanjikan beta version akan segera menjadi full version dalam waktu dekat.

5 komentar: