Searching...
Friday 27 April 2018

Cari Duit di Internet dengan AdSense

April 27, 2018

Baca Juga


Sobat BuNgers, kali ini BuNga21 akan mereview sebuah buku berjudul Cari Duit di Internet dengan AdSense yang diterbitkan oleh Penerbit Yrama Widya, Bandung. Sesuai judulnya, buku ini merupakan tuntunan menggunakan AdSense untuk mencari uang di internet.

Buku ini disusun oleh penulis website Efisitek.com dengan tebal x+166 halaman. Diawali dengan pembahasan dasar pengenalan internet, dari sejarah awal mula, hingga ramalan perkembangannya di masa depan.

Selain itu, dalam bab pertama di buku ini juga dibahas tentang HTML, XHTML, JavaScript, dan memulai mengenal AdSense. AdSense adalah sebuah program periklanan yang dijalankan oleh Google. Setiap pemilik website di seluruh dunia dapat mendaftar di program ini yang jika pendaftarannya diterima maka pemilik website bisa menampilkan iklan-iklan si website-nya. Iklan bisa berupa teks, gambar, dan video.

Dengan adanya iklan AdSense, Google akan membayar pemilik website dalam model pembayaran per-klik atau per seribu impresi. Intinya, dengan memaksimalkan website maka Sobat BuNgers bisa menghasilkan uang dari iklan.

Pada bab-bab selanjutnya, pembaca dipandu cara membuat website gratisan lewat Blogspot, Blogsome, Joomla, atau Worpress. Juga memungkinkan menggunakan domain maupun hosting sendiri.

Untuk memaksimalkan pengunjung website, penulis menganjurkan menambah backlink dari hasil blog walking dan komentar di blog atau website orang. Atau dengan ikut komunitas blog yang ada.

Panduan mendaftar AdSense dikupas pada bab 3. Baik cara daftar, pengenalan halaman AdSense, setup iklannya, dan sebagainya.

Tidak cukup di situ, penulis juga megenalkan Search Engine Optimization (SEO), cara kerjanya, tujuan maupun teknik optimalisasinya dengan tag HEAD dan BODY. Juga mengenalkan tool-tool penunjang Adsense untuk mengetahui statistik website, dan pengenalan CPanel bagi yang ingin memiliki web hosting sendiri. Pada akhir pembahasan, diberikan juga panduan pencairan dana dari hasil AdSense.

Buku dengan ISBN 978-979-543-632-4 ini memang bukan buku terbitan baru, tapi sudah terbit Maret 2009 lalu. Beberapa info yang ada memang perlu di-update karena sudah ketinggalan zaman. Tapi sebagai permulaan berkenalan dengan AdSense, maka membaca buku ini cukup membantu dan bermanfaat.

So, Sobat BuNgers jangan pernah lelah belajar, ya. Apa lagi tentang dunia maya yang setiap detik bisa berkembang dengan begitu pesatnya. Tidak mau tahu perkembangannya justru bukan hal yang bijaksana, karena langkah kita seharusnya lebih maju lagi. Selamat membaca!

#tantanganpekankeempat
#kelasnonfiksi
#odopbatch5
#onedayonepost

5 komentar: