Searching...
Saturday 14 April 2018

Tips Aman Belanja di Marketplace

April 14, 2018

Baca Juga

Sebagian pengguna internet masih ragu dan khawatir bahkan merasa takut untuk berbelanja secara online. Hal ini bisa dimaklumi jika memang belum pernah melakukan transaksi tersebut, sehingga tidak ada pengalaman sama sekali tentang aktivitas tersebut.

Sobat BuNgers yang sudah melek dalam hal ini sebaiknya berperan aktif setidaknya kepada pengguna internet di sekitarnya, agar ada proses edukasi kepada pengguna awam yang masih dilanda ketakutan-ketakutan memulai bertransaksi di dunia maya.

Kali ini BuNga21 akan sedikit memberikan tips aman berbelanja online terutama melalui marketplace yang ada di Indonesia. Marketplace adalah model bisnis yang mana website atau aplikasi yang bersangkutan tidak hanya menjual dagangan sendiri, tapi juga menyediakan lahan atau tempat bagi penjual lain yang akan menawarkan produk-produknya, melalui sistem yang dirancang sedemikian rupa, sehingga terdapat kejelasan prosedural tentang proses jual-beli dari pedagang dengan pembeli yang dilayani secara online. Contoh marketplace di Indonesia adalah Tokopedia, Blibli, Lazada, Bukalapak, dan Shopee.

Pastikan Alamat Website Benar

Ini sangat penting, karena beberapa penipu membuat jebakan dengan nama mirip dari marketplace yang ada. Misalnya yang pernah ada dan memakan banyak korban adalah website www.promo-lazada.com yang ternyata bukan milik Lazada yang aslinya www.lazada.co.id.

Adanya website abal-abal seperti itu sangat meresahkan. Pengguna awam akan dengan mudah terpedaya. Tapi jika Sobat BuNgers sudah sering berpengalaman berbelanja online, hal seperti ini akan mudah dideteksi terutama karena kejelian kita.

Unduh Aplikasinya di Play Store

Untuk lebih amannya, Sobat BuNgers sebaiknya melakukan transaksi melalui aplikasi yang sudah disediakan marketplace yang bersangkutan untuk menghindari salah tempat belanja ke website abal-abal. Biasanya, justru banyak promo bisa diikuti di aplikasi dari pada belanja langsung di website.

Jangan Tergiur Harga Murah tapi Tidak Wajar

Meski kita sudah masuk ke website asli atau aplikasi asli dari marketplace, ternyata itu juga belum jaminan aman dari penipuan. Sebagaimana diketahui, marketplace juga menyediakan lapak bagi pengguna internet untuk berjualan. Nah, dari sini masuklah para penipu yang berusaha melakukan kejahatan melalui marketplace. Hal paling awal untuk berhati-hati adalah dengan tidak mudah tergiur barang yang harganya murah jauh di bawah harga pasaran. Bandingkan dulu dengan barang sama yang dijual pedagang lain.

Hanya Bayar Lewat Sistem di Marketplace

Satu-satunya keamanan utama yang disediakan marketplace adalah sistem rekening bersama. Yakni segala macam pembelian ke pedagang haruslah melalui rekening marketplace. Bisa melalui transfer bank, virtual account, dan sebagainya. Tapi ingat, jangan bersedia kalau penjual memaksa transfer langsung ke rekening pribadi mereka. Ini yang sering kali tidak disadari pembeli. Ketika dana sudah masuk ke rekening penjual dan barang tidak dikirim, maka pihak marketplace tidak bisa dimintai pertanggungjawaban.

Amannya jika kita transfer ke marketplace adalah, penjual baru bisa menarik dana tersebut ketika barang sudah tiba di alamat pembeli dan tidak ada komplain.

Lakukan Komunikasi Hanya Lewat Layanan Chat Marketplace

Jika ingin memastikan ketersediaan barang yang diiinginkan atau kelengkapan produk yang dijual, maka lakukan obrolan hanya di layanan chat yang disediakan marketplace tersebut agar ada data percakapan yang terekam dan dalam pengawasan. Jika penjual inginkan chat melalui WhatsApp, BBM, SMS ataupun akun pribadi lainnya, jangan sekali-kali bersedia.

Itu dulu ya, semoga tips ini membantu agar bisa bertansaksi secara aman di marketplace. Jika Sobat BuNgers ada tambahan tips, bolehlah di-share  di kolom komentar. Terima kasih.



 

0 komentar:

Post a Comment